Protes Kepada Karni Ilyas
Jonru Ditahan, Penggemar Protes Kepada Karni Ilyas. Kombes Argo Yuwono mengatakan, penahanan Jonru Ginting merupakan subyektivitas penyidik

Jonru Ditahan, Sebagian Penggemar Protes Kepada Karni Ilyas

Pegiat media sosial Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting ditetapkan sebagai tersangka pada Jumat (29/9/2017). Ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penebar kebencian, Jonru terjerat pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Tadi pagi sudah ditetapkan tersangka oleh pihak kepolisian. Dikenakan pasal 28 ayat 2 UU ITE,” kata Djuju Purwantoro, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bang Japar, ketika dihubungi WartaKota, Jumat (29/9/2017).

Sehari kemudian, Jonru ditahan di Mapolda Metro Jaya usai diperiksa sebagai tersangka. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, alasan penahanan terhadap Jonru Ginting merupakan subyektivitas penyidik.

Argo pun mengungkap, penyidik setidaknya punya dua alasan untuk menahan pria bernama asli Jon Riah Ukur Ginting tersebut.

Pertama, agar tersangka tidak mengulangi perbuatannya. Kedua, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak melarikan diri. Itu alasan penyidik untuk melakukan penahanan,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (30/9/2017).

Penahanan Jonru inipun sempat menimbulkan pro kontra.

Di satu sisi banyak yang setuju Jonru ditahan, disisi lainnya mereka berpendapat berbeda. Baru-baru ini bahkan muncul surat terbuka yang ditujukan kepada Karni Ilyas, sebagai pemandu program acara Indonesia Lawyer Club (ILC). Jonru Ditahan, Sebagian Penggemar Protes Kepada Karni Ilyas.

Itu mengingat awal mula pelaporan Jonru hingga berakhir di tahanan adalah saat Jonru menjadi narasumber di acara tersebut.

Surat yang dilayangkan pada 2 Oktober 2017 itu menyayangkan ILC yang seolah tak melindungi narasumber.

Saya sepakat dengan penilaian Dewan Pers bahwa ILC merupakan sebuah produk jurnalistik yang dilindungi oleh undang-undang. Para narasumber yang diundang untuk hadir dan bicara dalam acara tersebut pun dipilih dan diketahui oleh pemimpin redaksi. Apabila seorang narasumber dilaporkan karena opininya, hal tersebut merupakan ancaman bagi kebebasan pers. Karena selain data dan fakta, wartawan sangat mengandalkan narasumber dan kerap berpendapat dengan meminjam mulut narasumber. ” begitu salah satu penggalan surat terbuka itu.

Sejumlah netizen pun tampaknya setuju dengan isi surat terbuka itu.

@AdhyArifin Semoga saja, ILC bukan jd tempat sarana mencari celah kesalahan dr kubu bersebrangan utk di tangkapi menggunakan pasal karet..
@adhe_cj Gmnpun bang @karniilyas secara tdk lngsg terlibat dgn ditangkapnya jonru. Buat apa mengundang narsum jika Pers sendiri tak bisa melindungi.
@Bahrudin0 Mngkn narsum yang kritis terhadap pemerintah akan segan hadir di @ILCtvone lg. Berbahaya bila ada oknum tertentu menjadikan ilc untuk menjebak lawan lalu melaporkannya
@MRahmatM212 Atas ditahannya Bang @ayomenjonru jika nanti terbukti TIDAK BERSALAH adlh @akbarfaizal68, orang inilah yg WAJIB dicari utk bertanggungjawab!

Jonru Ditahan, Sebagian Penggemar Protes Kepada Karni Ilyas. Apakah anda adalah salah satunya?

About Abu Fatma

Check Also

Ekstrimis dan Teroris Wahabi

Jenderal Qasim “Syiah” Soleimani Bersumpah Habisi Ekstrimis dan Teroris Wahabi

Teheran – Jenderal tersohor Iran, Qasem Soleimani, komandan Pasukan al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran Baca Lanjut

%d bloggers like this: