Jonru Bagian Sindikat SARACEN
Jonru Bagian Sindikat SARACEN? Argo mengatakan pihaknya masih mendalami motif-motif dari setiap ujaran kebencian yang Jonru di media sosial.

Jonru Bagian Sindikat SARACEN? Begini Penjelasannya.

Setelah diperiksa selama 1 x 24 jam atas tuduhan ujaran kebencian, Jonru hari ini resmi ditahan di Polda Metro Jaya. Polisi sebelumnya menetapkan Jonru sebagai tersangka, dan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus memeriksa Jonru dalam status penangkapan.

Jonru dilaporkan Muannas Alaidid atas tuduhan ujaran kebencian. Muannas menganggap unggahan Jonru di akun Facebook-nya mengandung sentimen suku, agama, dan ras yang sudah akut. Salah satunya unggahan Jonru yang menyebut Indonesia dijajah Belanda dan Jepang pada 1945, tapi pada 2017 dijajah etnis Cina.

Argo mengatakan pihaknya masih mendalami motif-motif dari setiap ujaran kebencian yang Jonru di media sosial. Argo menduga apa yang Jonru publikasikan di media sosial semata-mata buah pikirannya sendiri setelah melihat keadaan di sekitarnya.

“Tentunya itu akan didalami penyidik, ya. Digali lagi apa motifnya,” ujar Argo.

Selain dilaporkan Muannas, Jonru dilaporkan dua orang lain. Argo menyebut dua laporan tersebut saat ini masih dalam status penyelidikan. Jonru saat ini sudah ditahan karena dituduh melanggar Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan pegiat media sosial, Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting, tidak melibatkan pihak lain setiap kali mengunggah ujaran kebencian lewat media sosial.

Kasus yang menimpa Jonru, kata Argo, berbeda dengan yang dilakukan kelompok Saracen.

(Bekerja) sendirian dia. Enggak ada (orang lain). Dia mengatakan mem-posting hal tersebut. Nanti kan saksi ahli yang mengatakan ini, ada ahli pidana, ahli agama, ahli bahasa,” ujar Argo di Kepolisian Daerah Metro Jaya, Sabtu, 30 September 2017.

About Abu Fatma

Check Also

Ekstrimis dan Teroris Wahabi

Jenderal Qasim “Syiah” Soleimani Bersumpah Habisi Ekstrimis dan Teroris Wahabi

Teheran – Jenderal tersohor Iran, Qasem Soleimani, komandan Pasukan al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran Baca Lanjut

Leave a Reply

%d bloggers like this: